LEMBAR
KERJA SISWA
SISTEM
REPRODUKSI TUMBUHAN DAN HEWAN
A. Kompetensi
Inti
KI.3 Memahami pengetahuan ( faktual,konseptual,dan
prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,teknologi,seni,budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mencoba, mengelola,dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat)dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
3.4 Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion dan
molekul, serta hubungannya dengan karakteristik bahan/material yang digunakan
dalam kehidupan sehari-hari
C. Materi
Setiap benda dan makhluk hidup
tersusun oleh molekulmolekul. Molekul ini tersusun atas partikel yang lebih
kecil yaitu atom. Atom tersusun atas partikel subatom yaitu proton yang
memiliki muatan positif, elektron yang memiliki muatan negatif, dan neutron
yang tidak bermuatan. Selain disusun oleh molekul yang berbeda, sifat-sifat
suatu materi atau benda yang berbeda juga dapat disebabkan oleh perbedaan
susunan molekul-molekul dalam materi itu.
Ada beberapa teori perkembangan
atom, yaitu teori Dalton, Thomson, Rutherford, Bohr, dan teori atom modern.
Partikel subatom, misalnya elektron banyak digunakan dalam berbagai bidang,
misalnya dalam mikrokskop elektron dan sinar-X.
Setiap atom memiliki nomor atom
dan nomor massa. Nomor atom menunjukkan jumlah proton, sedangkan nomor massa
menunjukkan penjumlahan proton dan neutron. Molekul dan atom yang menerima atau
melepas elektron menjadi bermuatan dan membentuk ion. Proses pembentukan ion
itu disebut ionisasi. Ion yang bermuatan positif disebut kation. Sedangkan ion
yang bermuatan negatif secara umum disebut anion. Gaya tarik-menarik antara
kation dan anion dalam senyawa tersebut disebut ikatan ionik.
Pembentukan ikatan kimia melalui
penggunaan bersama elektron antardua atom disebut dengan ikatan kovalen.
Susunan elektron di dalam suatu atom disebut dengan
Tingkat energi dalam suatu atom
berturut-turut adalah tingkat energi K atau n=1 yang dapat ditempati oleh 2
elektron, L untuk n=2 yang dapat ditempati oleh 8 elektron, M untuk n=3 yang
dapat ditempati oleh 18 elektron dan seterusnya.
Uji nyala dapat digunakan untuk
mengetahui kandungan beberapa unsur dalam suatu senyawa secara sederhana.
Ada beberapa jenis plastik
didasarkan pada bahan penyusunnya, yaitu plastik PETE, HDPE, PVC, LDPE, PP, PS,
dan jenis lain. Masing-masing jenis plastik memiliki karakteristik yang berbeda
sehigga pemanfaatannya juga perlu memperhatikan karakteristik dari jenis
plastik tersebut.
Ada banyak jenis logam yang
bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, misalnya baja, stainless steel,
galvalum, perunggu, dan kuningan. Suatu logam dapat dipadukan dengan logam yang
lain sehingga dapat diperoleh sifat yang baru. Tulang tersusun atas bagian yang
hidup yaitu sel-sel tulang (osteosit) dan bagian tak hidup. Zat organik
penyusun tulang antara lain yaitu kolagen, proteinpolisakarida, dan
glikoaminoglikan. Zat anorganik penyusun tulang yaitu senyawa hidroksiapetit.
D. Kegiatan
a. Mengamati
Amatilah lingkungan disekitarmu di tempat tinggal ataupun
disekolah! Amatilah benda-benda yang ada disekitarmu baik itu benda mati maupun
makhluk hidup. Bagaimana suati benda dapat tersusun menjadi bentuk yang
sedemikian rupa? Apa penyusun benda tersebut?
b. Menanya
Dari pengamatan yang telah dilakukan buatlah pertanyaan
mengenai atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya
dengan karakteristik bahan/material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
1. Pertanyaan
1
.............................................................................................................................
2. Pertanyaan
2
.............................................................................................................................
3. Pertanyaan
3
.............................................................................................................................
4. Pertanyaan
4
.............................................................................................................................
c. Mengumpulkan
Data (Percobaan)
A. Alat dan
bahan:
1. 1 buah pinset
2. 1 gram garam dapur
3. 1 gram pupuk NPK
4. 10 cm kawat tembaga
5. 1 buah pembakar spiritus
6. 1 pasang sarung tangan kain/ kulit
B. Langkah
kegiatan
1. Pakailah sarung tangan untuk melindungi tanganmu dari
panas.
2. Siapkan kawat tembaga sekitar 10 cm, lalu jepit satu
ujung dengan pinset, kemudian ambil garam dapur dengan cara menyentuhkan ujung
kawat tembaga yang lain. Bakarlah pada pembakar spirtus yang memiliki nyala
biru.
3. Amati dan catatlah warna yang dihasilkan dari pembakaran
tersebut.
4. Ulangi langkah 1-3 dengan mengganti garam dengan pupuk
NPK.
C. Hasil
pengamatan
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
D. Kesimpulan
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
E. Tugas
Akhir
Apakah warna yang dihasilkan dari pembakaran garam dan pupuk
NPK berbeda? Mengapa demikian?
d. Mengasosiasikan
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
e. Mengkomunikasikan
.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Comments
Post a Comment