RPP Suhu Kalor

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

      Identitas Mata Pelajaran
Sekolah               : SMAN
Mata pelajaran    : FISIKA
Kelas/Semester   :  XI / 1
Alokasi Waktu    : 12 JP ( 2 JP X 6 PERTEMUAN )

A.      Kompetensi Inti (KI)
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.5   Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor yang meliputi karakteristik termal suatu bahan, kapasitas, dan konduktivitas kalor pada kehidupan sehari-hari
Pertemuan I
3.5.1 Menyebutkan pengertian dari kalor
3.5.2 Menyebutkan macam-macam perpindahan kalor
Pertemuan II
3.5.3Menjelaskan pengaruh kalor dalam kehidupan sehari-hari
3.5.4 Menjelaskan perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan III
3.5.5 Mencontohkan pengaruh kalor dalam kehidupan sehari- hari
3.5.6 Mencontohkan perpindahan kalor dalam kehidupan sehari- hari
Pertemuan IV
3.5.7 Menghitung pengaruh kalor
3.5.8 Menghitung perpindahan kalor
Pertemuan V
3.5.9 Menerapkan pengaruh kalor dalam kehidupan sehari-hari
3.5.10 Menerapakan perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan VI
3.5.11Mengaitkan  pengaruh  kalor  dan  perpindahan  kalor  dalam  kehidupan sehari-hari
3.5.12 Menganalisis pengaruh dan perpindahan kalor dalam            kehidupan sehari- hari

C.     Materi Pembelajaran
Fakta
          Siswa  dapat  merasakan  perpindahan  kalor  secara  radiasi  pada  saat  pagi hari,karena pada saat itu pancaran sinar matahari langsung ke bumi.
          Siswa dapat merasakan perpindahan kalor secara konveksi yang terjadi pada saat memanaskan air (mendidih dan menguap).
          Siswa dapat merasakan perpindahan kalor secara konduksi saat sepotong sendok makan yang dibakar pada api lilin, lama kelamaan tangan akan merasakan hangat dan akhirnya panas.
          Siswa dapat merasakan pengaruh kalor terhadap suhu benda misalnya pada saat Nasi yang  dingin dapat dihangatkan dengan penghangat nasi. Nasi butuh kalor untuk menaikkan suhunya.
          Siswa  dapat  merasakan  adanya  kalor  pada  suatu  benda,misalnya  pada  saat mendidihkan air.

Konsep
          Kalor adalah suatu jenis energy yang dapat menimbulkan perubahan suhu pada suatu benda.
          Secara alami kalor berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah, sehingga terjadi percampuran suhu dari kedua benda itu.
          Pengukuran kalor sering dilakukan untuk menentukan kalor jenis suatu zat.
          Alat yang dapat digunakan untuk mengukur kalor adalah kalorimeter.
          Banyaknya kalor yang diserap/ dilepas benda berbanding lurus dengan
          -Massa benda
          -Kalor jenis benda
          -Perubahan suhu
          Kalorimeter terdiri atas :
ü  Sebuah bejana kecil terbuat dari logam tipis yang di gosok mengkilat.Bejana inilah yang dinamakan kalorimeternya.
ü  Sebuah  bejana  yang  agak  besar,  untuk  memasukkan  kalorimeternya.
ü  Diantara  kedua   bejana   itu  dipasang   isolator  yang   berfungsi  untuk mengurangi   kehilangan   kalor   karena   dihantarkan   atau   dipancarkan sekitarnya.
ü  Penutup dari isolator panas yang telah dilengkapi dengan termometer dan pengaduk.
          Peristiwa perpindahan kalor melalui suatu zat tanpa disertai dengan perpindahan partikel-partikelnya disebut konduksi.
          Konveksi  adalah  proses  perpindahan  kalor  dengan  disertainya  perpindahan partikel. Konveksi ini terjadi umumnya pada zat fluid (zat yang mengalir) seperti air dan udara.
          Perpindahan  kalor  yang  tidak  memerlukan  zat  perantara  (medium)  disebut radiasi.
          Pemuaian   merupakan   gerakan   atom   penyusun   benda   karena mengalami pemanasan.
          Kalor  yang  diserap  benda  digunakan  untuk  dua  kemungkinan,  yaitu  untuk menaikkan suhu atau untuk mengubah wujud benda. Misalnya, saat es mencair, ketika itu  benda berubah  wujud, tetapi suhu  benda tidak  berubah meski ada penambahan kalor.
Prinsip
          Rumus kalor :
         

          Keterangan:
         
          kalor yang dilepaskan atau diserap dengan mengetahui massa zat dan perubahan suhunya, menggunakan persamaan :
         
          Besarnya aliran kalor secara matematis dapat dinyatakan :
         
          Laju  radiasi  dari  permukaan  suatu  benda   berbanding   lurus  dengan  luas penampang,   berbanding  lurus  dengan  pangkat  empat  suhu  mutlaknya,  dan tergantung  sifat  permukaan  benda  tersebut.  Secara  matematis  dapat  di  tulis sebagai berikut
         
          Permuaian panjang
          Pemuaian luas
          Pemuaian volume

          Kalor yang dibutuhkan untuk melebur sejumlah zat yang massanya m dan kalor leburnya dapat dirumuskan sebagai berikut:
          Kalor uap
          Azaz Black
         
Prosedur
o   Siswa melakukan percobaan mengenai karakteristik kapasitas kalor dan konduktivitas kalor yang ada pada LK ( lembar kerja ).
o   Siswa dapat mengambil kesimpulan mengenai percobaan karakteristik kapasitas kalor dan konduktivitas kalor.

E.   Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (2 JP)                   


a.       Pendahuluan 
Kegiatan pembelajaran
Estimasi waktu
 Appersepsi :
Motivasi      :
     - Apa manfaat dari pengaruh kalor dalam kehidupan ?
           -  Pernahkan kalian melihat orang memanaskan air dan memasak nasi,kedua   contoh tersebut apakah merupakan perpindahan dari kalor ?
       - Apa manfaat dari perpindahan kalor dalam kehidupan ?
Tujuan Pembelajaran : 
            Siswa mampu menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor  pada kehidupan sehari-hari.
 






         10 menit

b.       Kegiatan inti
     Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Yang Dilakukan
Estimasi Waktu
  1. Mengamati
- Guru menyuruh siswa membaca buku sumber mengenai pengertian dari kalor dan pengertian  perpindahan kalor pada halaman 159 selanjutnya  menyuruh siswa mencatat informasi-informasi penting mengenai dari kalor dan perpindahannya.
- Guru menyuruh siswa mengamati objek yang berhubungan dengan macam-macam perpindahan kalor dan pengaruh kalor dalam kehidupan sehari-hari.

    20 menit
  1. Menanya
-  Guru menanyakan kepada  siswa tentang pengaruh kalor dan perpindahan kalor pada kehidupan sehari-hari.
-   Guru membagikan kertas kosong kepada siswa,lalu siswa membuat pertanyaan sesuai dengan apa yang tidak diketahuinya mengenai pengaruh  kalor dan macam-macam perpindahan kalor.
- Guru bersama siswa menjawab pertanyaan dari siswa lain mengenai pengaruh kalor dan macam-macam perpindahan.

    15 menit
  1. Melakukan eksperimen
Dilaboratorium
- Pada awal pembelajaran dilaboratorium guru membagi kelompok belajar berdasarkan nomor absensi dalam 1 kelompok terdiri dari 3 orang dan masing-masing kelompok memberi nama kelompoknya dengan nama ilmuwan fisika.
-  Guru bersama siswa mempersiapkan alat dilaboratorium
-  Guru membagikan lembar kerja kepada masing-masing kelompok.
-  Siswa membaca petunjuk pratikum dalam lembar kerja
-   Siswa melakukan eksperimen mengenai karakteristik konduktivitas kalor dan kapasitas kalor
-   Siswa mencatat data dalam tabel data yang disediakan dalam lembar kerja
     40 menit
  1. Mengasosiasi
- - Siswa menganalisis data yang diperoleh dari hasil percobaan yang dilakukan
- Guru bersama siswa menghubungkan konsep-konsep yang ada dalam kalor dan macam-macam perpindahan kalor
- Menyimpulkan hasil analisis dari percobaan

     20 menit
  1. Mengkomunikasikan
-  Siwa membuat laporan hasil analisis data dalam pratikum
-  Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi didepan kelas
-  Guru memberikan penekanan arahan terhadap hasil diskusi kelompok
      20 menit

c.       Penutup
Kegiatan pembelajaran
Estimasi waktu
Kesimpulan :
-Guru bersama siswa menyimpulkan materi mengenai  kalor dan perpindahan kalor yang telah dipelajari.
-          Guru melakukan post test terhadap materi mengenai pengertian kalor dan macam-macam perpindahan kalor
-          Guru memberikan pengayaan kepada siswa dirumah  dalam bentuk :
·         Mengerjakan soal yang ada dalam lembar kerja
·         Membaca dan merangkum materi mengenai perpindahan kalor dan contoh pengaruh kalor serta contoh perpindahan kalor untuk minggu depan






               10 menit

2. Pertemuan Kedua: (2 JP)                 
ü    Kegiatan Pendahuluan
ü  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
“Mengambil absen dan menyuruh siswa berdoa sebelum pembelajaran dimulai”
ü  Menagih tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya
ü  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
ü  Memberikan motivasi dengan mengajukan pertanyaan
ü  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
ü  Menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan



Langkah kegiatan
Langkah pembelajaran PBL
Kegiatan pembelajaran
Estimasi waktu
Pendahuluan:
Langkah 1 :
 Orientasi peserta didik terhadap masalah
Appersepsi :
          - Siapa yang masih ingat pengertian dari kalor dan pengaruh kalor dalam kehidupan ?
       - Siapa yang masih ingat mengenai macam-macam perpindahan kalor?
Motivasi      :
     - Apa manfaat dari perpindahan kalor dalam kehidupan ?
           -  Pernahkan kalian melihat orang memanaskan air dan memasak nasi, perpindahan kalor seperti apa yang terjadi ?
       - Apa manfaat dari perpindahan kalor dalam kehidupan ?
Mengamati :
-    Siswa mengamati dan mencermati contoh pengaruh kalor dan contoh perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari, misalnya melihat orang memanaskan air dan memasak nasi .
-    Guru bersama siswa mengeksplorasi strategi yang tepat untuk menyelesaikan masalah perpindahan kalor dan contohnya serta contoh dari pengaruh kalor dengan menggali sumber belajar
 ( bab mengenai kalor dan perpindahan halaman 159) yang sesuai dan mempraktikkannya.
-    Guru menekankan kepada siswa bahwa masalah perpindahan kalor dan contohnya serta contoh pengaruh kalor tersebut dapat diselesaikan dengan cara-cara yang tepat sesuai dengan sumber informasi dan percobaan yang dilakukan.
   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran : 
 - Siswa mampu menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor  pada kehidupan sehari-hari.
Menanya :
-    Guru membagikan kertas kosong kepada siswa,lalu siswa membuat pertanyaan sesuai dengan apa yang tidak diketahuinya mengenai perpindahan  kalor dan contoh perpindahan kalor serta contoh pengaruh kalor






40 menit
































Kegiatan Inti:

Langkah 2 :
Mengorganisasikan siswa untuk belajar

- Pada awalnya guru membagi kelompok belajar berdasarkan nomor absensi dalam 1 kelompok terdiri dari 3 orang dan masing-masing kelompok memberi nama kelompoknya dengan nama ilmuwan fisika.
- Guru mengorganisasi siswa untuk belajar dalam bentuk diskusi kelompok.


5 menit

Langkah 3:
 Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok
Eksperimen :
Dengan bimbingan guru, siswa secara berkelompok melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik konduktivitas kalor dan kapasitas kalor.
Mengasosisasikan :
Mengolah dan menganalisis data hasil percobaan/penyelidikan tentang karakteristik konduktivitas kalor dan kapasitas kalor.

60 menit






Langkah 4 :
Membangun dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan :
-          Guru menyuruh masing-masing kelompok atau salah satu kelompok terpilih mengkomunikasikan hasil penyelidikan dan hasil diskusi. Kelompok lain memberikan saran dan tanggapan.
-          Guru membimbing diskusi kelas untuk mengklarifikasi pemahaman siswa  mengenai contoh pengaruh kalor dan perpindahan kalor serta pengaruh perpindahan kalor.




20 menit
Kegiatan penutup :
Langkah 5 :
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
-          Dengan bimbingan guru, siswa  membuat simpulan dan merangkum kegiatan pembelajaran mengenai contoh pengaruh kalor dan perpindahan kalor serta pengaruh perpindahan kalor
-          Guru membimbing siswa untuk mengevaluasi proses pemecahan masalah yang telah dilakukan.
-          Guru juga membimbimbing peserta didik untuk merefleksi seluruh akttivitas pembelajaran yang dilakukan. Refleksi dapat dikaitkan difokuskan pada perilaku ilmiah yang dapat terbentuk pada diri peserta didik melalui akktivitas pembelajaran Perilaku ilmiah tersebut seperti memiliki keingintahuan, objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; dan inovatif.
-       Guru memberikan pengayaan kepada siswa dirumah  dalam bentuk :
·           Mengerjakan soal yang ada dalam lembar kerja
·         Membaca dan merangkum materi mengenai penerapan pengaruh kalor dan memecahkan persoalan fisika tentang kalor dan perpindahan kalor  untuk minggu depan.





10 menit

ü  Kegiatan Penutup
ü  Bersama siswa menyimpulkan konsep yang benar tentang kalor
ü  Memberikan evaluasi mencakup materi kalor
ü  Memberikan tugas terkait dengan materi tentang kalor
ü  Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya

3        Pertemuan Ketiga: (2 JP)
Kegiatan Pendahuluan
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
ü  Menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran
“Mengambil absen dan menyuruh siswa berdoa sebelum pembelajaran dimulai”
ü  Menagih tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya
ü  Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
ü  Memberikan motivasi dengan mengajukan pertanyaan
ü  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Langkah kegiatan
Langkah pembelajaran Project Based Learning

Kegiatan pembelajaran

Estimasi waktu
Kegiatan pendahuluan

Appersepsi :
          - Siapa yang masih ingat contoh pengaruh kalor dan contoh perpindahan kalor ?
       - Siapa yang masih ingat mengenai pengaruh perpindahan kalor ?
Motivasi      :
     - Apa manfaat dari  peneraparan kalor dalam kehidupan ?
Tujuan Pembelajaran : 
     Siswa mampu menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor  pada kehidupan sehari-hari.





   10 menit
Kegiatan inti
Langkah 1 :
Menentukan proyek
Mengamati :
- Guru menyuruh siswa membaca buku sumber mengenai kalor dan   perpindahan kalor pada halaman 159 selanjutnya  menyuruh siswa mencatat informasi-informasi penting mengenai dari kalor dan perpindahannya.
-    Siswa mengamati dan mencermati objek atau contoh pengaruh kalor dan contoh perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari, misalnya melihat orang memanaskan air dan memasak nasi .
Menanya :
- Guru membagikan kertas kosong kepada siswa,lalu siswa membuat pertanyaan sesuai dengan apa yang tidak diketahuinya mengenai pengaruh  kalor dan macam-macam perpindahan kalor
-          Guru bersama siswa menjawab pertanyaan dari siswa lain mengenai pengaruh kalor dan  perpindahan kalor.
-          Siswa menentukan projek yang akan dibuatnya.










   35 menit

Langkah 2 :
Perancangan langkah-langkah penyelesaian proyek
Eksperimen :
-          siswa merancang langkah-langkah penyelesaian proyek yang akan dibuat.


30 menit

Langkah 3 :
Menyusun jadwal pelaksanaan proyek


-   Siswa menyusun jadwal pelaksanaan proyek yang akan dibuat.
10 menit

Langkah 4 :
Menyelesaikan proyek dengan fasilitas dan monitoring guru
-          Siswa menyelesaikan proyek dengan fasilitas dan monitoring guru
Mengasosiasi :
-          Mengolah dan menganalisis data hasil Proyek yang dibuat
20 menit

Langkah 5 :
Menyusun laporan dan presentasi /publikasi hasil proyek
Mengkomunikasikan :
-          Guru menyuruh masing-masing kelompok atau salah satu kelompok terpilih untuk  mengkomunikasikan hasil proyek yang telah dibuat. Kelompok lain memberikan saran dan tanggapan.
-          Guru membimbing diskusi kelas untuk mengklarifikasi pemahaman siswa  mengenai proyek yang dibuat.



    20 menit
Kegiatan penutup
Langkah 6 :
Evaluasi proses dan hasil proyek
-          Dengan bimbingan guru, siswa  membuat simpulan dan merangkum kegiatan pembelajaran mengenai  pengaruh kalor dan perpindahan kalor
-          Guru membimbing siswa untuk mengevaluasi proses pemecahan masalah yang telah dilakukan.
-          Guru juga membimbimbing peserta didik untuk merefleksi seluruh akttivitas pembelajaran yang dilakukan. Refleksi dapat dikaitkan difokuskan pada perilaku ilmiah yang dapat terbentuk pada diri peserta didik melalui akktivitas pembelajaran Perilaku ilmiah tersebut seperti memiliki keingintahuan, objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; dan inovatif.
-       Guru memberikan pengayaan kepada siswa dirumah  dalam bentuk :
·           Mengerjakan soal yang ada dalam lembar kerja
·         Membaca dan merangkum materi mengenai penerapan pengaruh kalor dan memecahkan persoalan fisika tentang kalor dan perpindahan kalor  untuk minggu depan.



  10 menit


ü  Kegiatan Penutup
ü  Bersama siswa menyimpulkan konsep yang benar tentang kalor
ü  Memberikan evaluasi mencakup materi kalor
ü  Memberikan tugas terkait dengan materi tentang kalor
Menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
4        Pertemuan Ketiga: (2 JP)
Langkah kegiatan
Langkah pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Estimasi
waktu
Kegiatan pendahuluan
Persiapan
Appersepsi :
          - Siapa yang masih ingat pengertian dari kalor dan pengaruh kalor dalam kehidupan ?
       - Siapa yang masih ingat mengenai macam-macam perpindahan kalor?
Motivasi      :
     - Apa manfaat dari perpindahan kalor dalam kehidupan ?
           -  Pernahkan kalian melihat orang memanaskan air dan memasak nasi, perpindahan kalor seperti apa yang terjadi ?
       - Apa manfaat dari perpindahan kalor dalam kehidupan ?
Tujuan Pembelajaran : 
   Siswa mampu menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor  pada kehidupan sehari-hari.
-  Guru melakukan identifikasi karakteristik siswa (kemampuan awal,        minat, gaya  belajar, dan sebagainya).
- Guru memilih materi pelajaran.
-  Guru menentukan topik-topik yang harus dipelajari siswa secara   induktif (dari contoh-contoh generalisasi.
- Guru mengembangkan bahan-bahan belajar yang berupa contoh-contoh, ilustrasi, tugas dan sebagainya untuk dipelajari siswa
- Guru mengatur topik-topik pelajaran dari yang sederhana kekompleks, dari yang  konkret ke abstrak, atau dari tahap enaktif,  ikonik sampai ke simbolik






    10 menit
Kegiatan inti
Langkah 1 :
Stimulation
Mengamati :
- Guru menyuruh siswa membaca buku sumber mengenai kalor dan   perpindahan kalor pada halaman 159 selanjutnya  menyuruh siswa mencatat informasi-informasi penting mengenai dari kalor dan perpindahannya.
-    Siswa mengamati dan mencermati objek atau contoh pengaruh kalor dan contoh perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari, misalnya melihat orang memanaskan air dan memasak nasi .

 20 menit

Langkah 2 :
Problem statement
Menanya :
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda masalah yang relevan dengan bahan pelajaran, kemudian salah satunya dipilih dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah)
15 menit

Langkah 3 :
Data collection
Eksperimen :
        Guru juga memberi kesempatan kepada para siswa untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis
- Guru menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya  hipotesis
40 menit

Langkah 4 :
Data processing
Mengasosiasikan:
-          Siswa mengolahan data dan minformasi yang telah diperoleh para siswa baik melalui wawancara, observasi, dan sebagainya, lalu ditafsirkan.
-          Semua informai hasil bacaan, wawancara, observasi siswa , semuanya diolah,dan diklasifikasikan.
20 menit

Langkah 5 :
Verification
Mengkomunikasikan :
-          Guru menyuruh masing-masing kelompok atau salah satu kelompok terpilih mengkomunikasikan hasil penyelidikan dan hasil diskusi. Kelompok lain memberikan saran dan tanggapan.
-          Guru membimbing diskusi kelas untuk mengklarifikasi pemahaman siswa  mengenai contoh pengaruh kalor dan perpindahan kalor serta pengaruh perpindahan kalor.

 20 menit
Kegiatan penutup
Langkah 6 :
generatisation
-          Dengan bimbingan guru, siswa  membuat simpulan dan merangkum kegiatan pembelajaran mengenai contoh pengaruh kalor dan perpindahan kalor serta pengaruh perpindahan kalor
-          Guru membimbing siswa untuk mengevaluasi proses pemecahan masalah yang telah dilakukan.
-          Guru juga membimbimbing peserta didik untuk merefleksi seluruh akttivitas pembelajaran yang dilakukan. Refleksi dapat dikaitkan difokuskan pada perilaku ilmiah yang dapat terbentuk pada diri peserta didik melalui akktivitas pembelajaran Perilaku ilmiah tersebut seperti memiliki keingintahuan, objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; dan inovatif.
-       Guru memberikan pengayaan kepada siswa dirumah  dalam bentuk :
·           Mengerjakan soal yang ada dalam lembar kerja
·         Membaca dan merangkum materi mengenai penerapan pengaruh kalor dan memecahkan persoalan fisika tentang kalor dan perpindahan kalor  untuk minggu depan.

 10 menit




F.  Teknik Penilaian
ü  Tes tertulis
ü  Tugas

G.  Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
ü  Media/alat         :    Laptop, video, infocus
ü  Bahan                :    -
ü  Sumber Belajar : -  Hari Subagya.2013. Fisika untuk SMA/MA kelas XI.
                             Jakarta: Bumi Aksara.
                             -.  LKS
                             -. Bahan dari internet

Lampiran-lampiran:
ü  Materi Pembelajaran
ü  Instrumen Penilaian


,  Juni 2017
Mengetahui
Kepala Sekolah



                                                                                                                                
Guru Mata Pelajaran








Comments