LKS Fluida Statis

Bevel: Lembar Kerja Siswa
 


                                                                                 

                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

Cara Kerja Kapal Selam

Pentagon: Identitas
Flowchart: Alternate Process: Nama   :
Kelas/semester :x/2
Sekolah   :SMA Negeri 1 
Mata Pelajaran  :Fisika



























Folded Corner: Merencanakan dan melaksanakan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaanPentagon: KOMPETENSI DASAR 4.7



Pentagon: TUJUAN
Folded Corner: 4.7.1.1 setelah mempalajari tentang fluida statik siswa kelas x semester 2 dapat mengumpulkan beberapa jenis percobaan sesuai dengan hukum-hukum fluida statik dengan tepat
4.7.1.2 setelah mempalajari tentang fluida statik siswa kelas x semester 2 dapat merancang percobaan mengenai fluida statik yang bermanfaat bagi kehidupan dengan benar
4.7.2.1 setelah mempalajari tentang fluida statik siswa kelas x semester 2 dapat mengkontruksi percobaan tentang fluida statik dengan benar
4.7.2.2 setelah mempalajari tentang fluida statik siswa kelas x semester 2 dapat mendemonstrasikan penerpan dari hasil percobaan tentang fluida statik dengan benar








Text Box: Alat/bahan :
1. Beberapa saus/sampo kemasan (kemasannya tertutup/sachet) sebagi model kapal selam
2. Sebuah botol minuman plastik bekas berukuran 1,5 liter (usahakan botol transparan)
3. Sebuah gelas bening
4. Air secukupnya
Text Box: Informasi singkat!
Kapal selam memiliki alat pengatur yang dinamakan tangki pengapung. Pada saat tangki pengapung kosong, kapal selam terapung. Untuk menyelam, tangki pengapung dimuati air. Dan saat kapal ingin kembali ke permukaan, tangki pengapung dikosongkan kembali dengan cara mempompakan udara masuk ke dalamnya.
No Kondisi benda Syarat
1  Terapung  Fa = w
    〖(ρ〗_(b V_b ))g=(ρ_f V_bf )g
〖    ρ〗_b=(ρ_f V_(b,f))/V_b 
 ρ_b<ρ_f
 Vb > Vbf
2  Tenggelam  Fa < w
 ρ_b>ρ_f
 Vb=Vbf
3 Melayang
   Fa = w
 ρ_b= ρ_f
 Vb=Vbf
Pentagon: WAKTU PENYELESAIAN
Folded Corner: 2 X 45 menit































Langkah kerja!
Mengamati
1.      Bacalah bahan ajar yang telah dibagikan, sesuian dengan materi yang ada di LKS.
2.      Carilah dan amati vidio-vidio yang ada di internet berhubungan dengan Hukum Archimedes maupun cara kerja kapal selam.
3.      Pelajarilah info singkat yang ada diLKS

Menanya
1.      Kapal selam dapat merapung dan menyelam karena adanya tangki pengapung.
2.      Gaya angkat kapal selam yang besar menyebabkan kapal selam dapat menyela ke dasar air.
Mencoba
1.      Siapkan alat dan bahan yang akan dipraktikumkan.
2.      Isilah gelas dengan air hingga ¾ bagian gelas. Isi pula botol dengan air, sisikan ruang kosong beberapa centimeter.
3.      Ujilah semu saus/sampo kemasan sebagai model kapal selam dengan cara memasukkan kedalam gelas.pilih kemasan yang dapat mengapung sedikit bagian diatas permukaan air.
4.      Masuukkan saus/sampo  kemasan yang dipilih kedalam botol yang diisi air. Kemuadian, tutup botol tersebut dengan rapat.
5.      Tekan kedua sisi botol dengan tangan anda. Amatilah apa yang terjadi.
6.      Bebaskan botol dari tekanan yang anda berikan. Amatilah apa yang terjadi.
7.      Lakukan langkah 4 dan 5 beberapa kali. Diskusikanlah dengan teman sekelompok anda, megapa hal demikian dapat terjadi.
8.      Keselamatan kerja : tutup botol serapat mungkin agar air tidak keluar dari botol saat botol ditekan.
kedua sisi botol ditekan
kedua sisi botol tidak ditekan




Mengasosiasikan
1.      Buatlah kesimpulan secara berkelompok.
..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Pertanyaan:
1.      Apakah yang dimaksud dengan benda terapung, melayang, dan tenggelam? Mengapa terjadi hal demikian?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.      Apakah yang terjadi saat kedua sisi botol ditekan? Mengapa hal demikian terjadi?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Jika air dibotol terisi penuh maka apakah yang akan terjadi saat botol ditekan? Mengapa demikian?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
4.      Jika kemasan saus/sampo tidak tertutup atau rapat (bocor), apakah yang akan terjadi pada percobaan tersebut?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.      Bagaimana cara kerja kapal selam?
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Mengkomunikasikan
Presentasikan hasil kerja kelompok anda didepan kelas! Bandingkan hasil kerja kelompok anda dengan kelompok lain! Dari perbandingan tersebut, catat persamaan dan perbedaannya! Berdasarkan hasil perbandingan tersebut, hal penting apakah yang harus dirumuskan bersama? Kemudian, buatlah kesimpulan bersama!

.............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................. .............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................. ........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Comments